Kamis, 18 Mei 2017

Nyeri Haid

NYERI HAID PADA PEREMPUAN
Nyeri haid atau dismenorea adalah kram otot yang dirasakan pada perut bagian bawah yang muncul sebelum atau ketika mengalami menstruasi. Nyeri yang dirasakan terkadang bisa cukup parah dan menyebar hingga ke punggung dan paha, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa nyeri ini bisa berlangsung selama dua hingga tiga hari.
Nyeri haid berbeda dengan sindrom pramenstruasi (PMS), tapi gejala dari kedua kondisi ini bisa dianggap sebagai proses yang saling berkaitan. Kondisi ini akan membaik seiring bertambahnya usia dan juga setelah wanita memiliki anak.

Penyebab Munculnya Nyeri Haid pada Wanita

Nyeri haid disebabkan oleh dinding otot rahim yang berkontraksi sehingga menekan pembuluh darah di sekitarnya. Akibatnya, pasokan oksigen ke dalam rahim terhambat dan memicu munculnya rasa nyeri di bagian bawah perut.
Sembilan dari sepuluh wanita akan mengalami nyeri haid dan rasa tidak nyaman saat mengalami menstruasi. Kondisi ini sangat umum terjadi. Rasa sakit atau nyeri yang muncul memiliki pengaruh berbeda-beda pada tiap wanita.

Pengobatan untuk Nyeri Haid

Jika kondisinya tidak parah, nyeri haid biasanya bisa ditangani sendiri di rumah tanpa bantuan dokter. Obat-obatan pereda rasa sakit dapat dikonsumsi untuk membantu meredakan gejala yang muncul. Ada berbagai jenis obat pereda rasa sakit yang bisa dibeli bebas di apotek untuk mengatasinya.
Selain itu, terdapat beberapa cara alami yang bisa dilakukan sendiri untuk mengatasi nyeri haid yang muncul ketika Anda mengalami menstruasi. Tapi untuk nyeri haid yang parah, Anda disarankan menemui dokter untuk memeriksa faktor penyebab yang mendasari munculnya nyeri haid tersebut.
Gejala Nyeri Haid
Nyeri haid dirasakan oleh hampir semua wanita pada perut bagian bawah ketika mengalami menstruasi. Terkadang rasa nyeri itu bisa menyebar sampai ke punggung bawah dan bahkan paha. Ada nyeri haid ringan yang bisa diabaikan, tapi ada juga yang sangat parah dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.
Berikut ini adalah beberapa gejala yang sering muncul dengan rasa nyeri pada perut bagian bawah.
  • Mual dan kadang-kadang muntah
  • Sakit kepala dan pusing
  • Sering buang air kecil
  • Diare
Gejala-gejala di atas umumnya muncul sebelum atau ketika menstruasi dimulai. Kondisi ini biasanya bertahan dua hingga empat hari, tapi untuk kasus yang parah bisa bertahan lebih lama. Ketika perdarahan yang terjadi cukup banyak, rasa sakit juga akan makin bertambah. Kondisi ini akan membaik saat usia bertambah dan juga setelah Anda memiliki anak.
Terdapat juga nyeri haid yang muncul beberapa tahun setelah Anda mengalami menstruasi. Kondisi ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Tapi jika nyeri haid yang parah muncul tiap bulan, atau ketika Anda berusia di atas 25 tahun dan gejalanya memburuk, Anda disarankan untuk segera menemui dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAHU ACI

Resep Tahu Aci Khas Tegal  – Tahu aci yaitu salah satu cemilan yang teramat khas dan populer dari kota Tegal. Tahu aci kebanyakan disajikan...