Minggu, 21 Mei 2017

Jenis-jenis dokumen

JENIS-JENIS DOKUMEN
Jenis dokumen dapat di golongkan menjadi 3 jenis yaitu :.
  1. Dokumen primer
Dokumen primer adalah : dokumen yang berisi informasi mengenai penelitian asli, mengenai aplikasi teori baru maupun penjelasan mengenai sebuah teori dalam semua disiplin ilmu .
Sumber primer adalah suatu dokumen atau sumber informasi lain yang diciptakan pada atau di sekitar waktu yang sedang dipelajari, sering kali oleh orang yang sedang dipelajari. Kata "primer" dalam hal ini bukan berarti superior, melainkan merujuk pada kenyataan bahwa sumber tersebut dibuat oleh pelaku primer.
Sumber primer dapat dibagi menjadi tiga tipe utama :
  • Sumber naratif atau literatur; yang menyampaikan suatu cerita atau pesan. Sumber-sumber ini tidak dibatasi pada sumber fiksi, tapi juga termasuk catatan harian, film, biografi, karya ilmiah,
  • Sumber diplomatik; termasuk piagam dan dokumen legal lain yang biasanya mengikuti suatu format tertentu.
  • Dokumen sosial; catatan yang dibuat oleh organisasi, seperti akta kelahiran, catatan pajak,
Contoh dokumen primer :
1.1.                   Majalah
Majalah merupakan dokumen primer yang penting . majalah di sebut ilmiah bila sekali terbit memuat sedikitnya 4 artikel ilmiah. Artikel ilimiah artinya artikel yang memperluas pengetahuan berdasarkan hasil penelitian atau bila artikel tersebut memberikan penjelasan lebih lanjut tentang sebuah topik di barisan pengetahuan atau artikel laporan kemajuan dalam sebuah bidang ilmu .

1.2.                  Laporan penelitian
Laporan penelitian adalah laporan mengenai penelitian dan pengembangan yang di lakukan oleh ilmuwan perorangan,lembaga penelitian,perusahaan swasta maupun badan pemerintah .

1.3.                   Paten
Paten termasuk kelompok dokumen primer karena merupakan bukti pendaftaran sebuah invensi baru atau penerapan baru sebuah gagasan ataupun penjelasan sebuah alat baru.

1.4.                   Disertasi
Disertasi adalah karya tulis yang di ajukan untuk memperoleh gelar doktor dari perguruan tinggi. Disertatasi seringkali memuat data orisinal yang penting yang belum pernah di muat dalam dokumen lainya.

1.5.                   Prosiding (proceeding)
Prosiding adalah kumpulan kertas atau makalah yang di ajukan dalam konferensi,simposim,seminar atau pertemuan sejenis  pada tingkat nasional maupun internasional.

1.6.                   Pracetak (preprint)
Pracetak adlah laporan mengenai penelitian yang sedang berlangsung,dikirim ke sekelompok kecil ilmuwan yang telah melakukan penelitian dalam subjek yang sama ataupun menruh minat pada bidang yang sama .


1.7.                   Kartu informasi
Kartu informasi adalah kartu yang berisi informasi mengenai penelitian yang sedang berlangsung yang dilakukan oleh sebuah lembaga.

1.8.                   Lepas cetakoff print )
Lepas cetak adalah nomor bukti sebuah karangan yang di muat dalam sebuah majalah, di  berikan secara Cuma-Cuma kepada penulis artikel.

1.9.                   Terbitan produsen
Terbitan produsen ialah terbitan yang di keluarkan oleh pihak produsen (pabrik,industri, pedagang) mengenai produk maupun perkembangan produk baru.

1.10.              Katalog teknik
katalog teknik atau di sebut juga register adalah daftar produk yang di hasilkan oleh industry dan di jual oleh industry dan atau perusahaan lain.

1.11.              Standar
Standar adalah dokumen yang menyarankan atau menguraikan terminologi. Klasifikasi,atribut, ( seperti : dimensi,kualitas, atau kinerja ) dari material, produk, proses, metode pengukuran atau pengujian.

1.12.              Perundang-undangan
Perundang-undangan adalah segala produk hukum yang di keluarkan oleh lembaga yang berwenang , mengeluarkannya tergantung dari jenis perundang-undangan.

1.13.              Dokumen primer internal
Lembaga pemerintah dan swasta serta perusahaan menerbitkan berbagai dokumen yang berisi kegiatan lembaga dalam menjalankan aktivitas dan fungsinya. Dokumen internal mencakup surat menyurat, memo, notulen, laporan intern, publikasi intern, kertas administrative, statistic internal, standar perusahaan, pedoman, instruksi dan sebagainya.


  1. Dokumen sekunder
Dokumen sekunder adalah dokumen yang memuat informasi tentang dokumen primer.dengan kata lain dokumen sekunder adalah dokumen rujukan yang berisi informasi mengenai dokumen primer ataupun dokumen  berupa bibliografi mengenai dokumen primer .
Sumber sekunder adalah istilah yang digunakan dalam historiografi untuk merujuk pada karya sejarah yang ditulis berdasarkan pada sumber-sumber primer dan biasanya dengan merujuk pula pada sumber-sumber sekunder lainnya. Hampir semua tulisan ilmiah yang diterbitkan sekarang adalah sumber sekunder. Sumber sekunder ideal biasanya mengandung laporan peristiwa pada masa lampau berikut generalisasi, analisis, sintesis, interpretasi, dan atau evaluasi terhadap peristiwa tersebut.
Contoh dokumen sekunder :
2.1.                   Ensiklopedia
Ensiklopedia adalah sebuah dokumen atau lebih yang memuat penjelasan atau informasi mengenai semua cabang ilmu pengetahuan atau terbatas pada satu subjek saja.umumnya ensiklopedia merupakan rujukan yang berisi definisi dan informasi dasar mengenai subjek yang di bahas.

2.2.                   Kamus
Kamus adalah dokumen sekunder yang banyak manfaatnya sebagai titik awal sebuah kegiatan untuk mengetahui definisi yang jelas dan arti yang tepat dari sebuah istilah.

2.3.                   Buku panduan
Buku panduan dalam bahasa inggris di kenal dengan nama handbook, adalah buku yang berisi data yang di susun untuk memudahkan pemakai dalam berbagai bidang.

2.4.                   Tinjauan kemajuan ( review of progress )
Tinjauan litertur berisi tinjauan yang meringkas data yang terdapat pada dokumen primer semacam artikel , monograf, laporan konferensi, laporan teknik, spesifikasi, dan penemuan.

2.5.                   Bibliografi
Bibliografi ialah daftar  artikel majalah , buku dan dokumen lain mengenai sebuah subjek atau beberapa sunjek. Bibliografi lazimnya di susun menurut abjad pengarang, judul, subjek, kronologi maupun system klasifikasi tertentu .

2.6.                   Majalah indeks
Majalah indeks adalah majalah yang memuat daftar yang merupakan petunjuk letak istilah, konsep, subjek dan lain-lainnya .


2.7.                   Majalah abstrak
Majalah abstrak adalah majalah yang berisi abstrak dokumen primer, khususnya abstrak majalah ilmiah . dari majalah ilmiah di buatkan abstrak atau seri karangan dengan tujuan  memudahkan penelusuran ,menghemat waktu peneliti sehingga peniliti tidak menghabiskan waktunya untuk merambang ( browsing ) majalah serta membantu agar peneliti tetap mutakhir dalam bidangnya.

2.8.                   Jasa terpasang ( on-line service )
Bila indeks  dan abstrak yang di uraikan sebelumnya bersifat hastawi (manual) berupa dokumen tercetak, maka kini berbagai jasa pengindeksan dan pengabstrakan di berikan melalui pangkalan data ( data base ) sehingga dapat di akses secara cepat dan terpasang  ( online ).


  1. Dokumen tersier
Dokumen tersier adalah dokumen yang berisi informasi mengenai doumen sekunder.
Sumber tersier adalah suatu kumpulan dan kompilasi sumber primer dan sumber sekunder
Contoh sumber tersier :
3.1.                   Katalog perpsutakaan
Katalog perpustakaan adalah daftar buku yang terdapat di sebuah perpustakaan . katalog mirip dengan bibliografi hanya saja koleksi sebuah katalog terbatas pada suatu lokasi ( pusat dokumentasi saja ) sedangkan apa yang di catat dalam sebuah bibliografi tidak terbatas pada suatu pusat dokumentasi .

3.2.                   Buku ajar
Buku ajar adalah sebuah karya baku yang di gunakan untuk pendidikan dan pengajaran, di susun sedemikian rupa supaya pembacanya memperoleh pengertian mengenai sebuah subjek sehingga pembaca mampu mengembangkan pemahaman menegenai subjek yang di baca .

3.3.                   Direktori
Direktori adalah sebuah senarai nama dan alamat orang, organisasi,produsen, majalah, surat kabar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAHU ACI

Resep Tahu Aci Khas Tegal  – Tahu aci yaitu salah satu cemilan yang teramat khas dan populer dari kota Tegal. Tahu aci kebanyakan disajikan...